Rumus Excel Bag. 1

Berikut ini akan kita bahas Fungsi dari:

  1. SUM

  2. Average

  3. Median

  4. Max

  5. Min

  6. IF

1. SUM

Rumus SUM ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan, rumus SUM ini juga sering digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat.

  • Pertama, buatlah tabel penjumlahan dan masukkan rumus sum berikut ini. Misal : =SUM(D2:E2)

  • Kedua, jika sudah dimasukkan rumus SUM tersebut kemudian tekan enter dan akan mengetahui jumlahnya.

2. AVERAGE

Rumus AVERAGE ini terdapat fungsi yang utama adalah untuk mencari nilai rata – rata suatu variabel.

  • Pertama, buatlah suatu tabel untuk nilai – nilai siswa dan setelah itu masukkan rumus AVERAGE untuk mengetahui nilai rata – rata siswa. Misal : =AVERAGE(D2:F2)

  • Kedua, jika sudah dimasukkan rumus AVERAGE tersebut kemudian tekan enter dan akan mengetahui hasilnya.

3. MEDIAN

Rumus Fungsi MEDIAN digunakan untuk mencari nilai tengah (median) dari sekumpulan data yang berada pada rentang cell yang sudah ditentukan oleh pengguna, berikut contoh cara penggunaannya

Misal : =MEDIAN(A3:A12)

4. MAX

Fungsi MAX digunakan untuk mencari nilai/angka paling tinggi dari sekumpulan data.

Misal : =MAX(A2:A10)

5. MIN

Fungsi MIN digunakan untuk mencari nilai/angka paling rendah dari sekumpulan data.

Misal : =MIN(A2:A10)

6. SINGLE IF

Rumus IF Excel akan mengembalikan sebuah nilai jika kondisi yang dicek BENAR/SALAH dan mengembalikan sebuah nilai lainnya jika kondisi yang dicek SALAH/FALSE. Fungsi IF adalah salah satu rumus excel yang paling sering digunakan.